13 Januari 2008

Cara merawat laptop

Sayang deh kalo laptop gak dirawat sbb benda yang satu ini salah satu barang mewah, coba bayangkan laptop-laptop yg terkenal harganya mulai dari 8jutaan bahkan bisa sampe 40jutaan (hehe bisa seharga mobil tuh). Jd laptop itu harus dirawat dengan baik, selain untuk kenyamanan bekerja juga untuk menstabilkan nilai jual.

Ada beberapa cara merawat laptop antara lain :

Software

  • Biasakan harddisk di-defrag secara berkala karena akan mempercepat kerja harddisk. Bila laptop kita digunakan sering banget dan berat lebih baik didefrag seminggu sekali atau 2 minggu sekali. Tapi kalau jarang digunakan lebih baik sebulan sekal.
  • Disk clean up, bersihkan semua file temporary, cookies, file recylebin akan ruang harddisk tidak berkurang.
  • Up date operating system (misal : windows, Mac OS) yg kita gunakan, karena update ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja OS, menambal kelemahan dari sebelumnya, menutup lubang-lubang yang rentan terhadap virus, spyware, adware, dll.
  • up date antivirus, perlu bangeet nih sbb kalau tidak laptop kita akan menjadi sasaran empuk virus-virus yg berkeliaran di dunia nyata (usb, flash disk, CD, memory card, dll) maupun di dunia maya (internet, intranet, wi-fi).
  • Bila kita sering install dan uninstall program/aplikasi maka banyak sampah-sampah yg tertinggal di registry jadi buang dan bersihkan dengan clean registry uninstall. Software utk kerja ini banyak tersedia di internet..googling aja :)
Hardware
  • JANGAN bekerja menggunakan laptop di atas kasur atau permukaan yg lembek karena akan membuat laptop menjadi cepat panas dan dpt menyebabkan kebakaran. Mengapa? karena ventilasi kipas dan udara akan tertutup oleh permukaan yg lembut tadi.
  • utk hardware yg lain silakan lihat postingan2 saya sebelumnya.

1 komentar:

Hamidah mengatakan...

oo begitu ya cara merawat laptop. Makasih ya, informasinya sangat berguna n blognya juga bagus.